SOAL UJIAN SEJARAH PEMETAAN KELAS 12 SMA
1.
Meganthropus
palaeojavanicus merupakan jenis manusia purba yang di temukan di Indonesia.
Manusia purba jenis tersebut juga disebut sebagai Homo habilis karena…….....
A.
Memakan
tumbuh-tumbuhan
B.
Memiliki volume otak
yang kecil
C.
Menyerupai manusia
dan primata
D.
Menderita penyakit
microcephalia
E.
Memiliki alat
pengunyah seperti kera
2.
Menurut Eugene Dubois,
homo erectus merupakan makhluk yang hidup pada masa transisikera menjadi
manusia. Cirri fisik yang menjadi dasar hipotesis tersebut adalah.......
A.
Volume
otaknya diatas kera dan dibawah manusia
B.
Jumlah gigi geraham
yang sama dengan manusia
C.
Berbdan tegap dan
mampu berjalan tegak
D.
Volume otak yang sama
dengan kera
E.
Alat pengunyah kuat
seperti kera
3.
Perhatikan keterangan
berikut!
1.
Menerapkan pola hidup
berpindah-pindah
2.
Mengembangkan
kepercayaan animism dan dinamisme
3.
Menciptakan peralatan
untuk menangkap binatang buruan
4.
Melakukan kegiatan
berburu untuk memenuhi kebutuhan makanan
5.
Membuat berbagai
kerajinan dengan memanfaatkan bahan dari alam
Corak kehidupan manusia pada masa
berburu dan mengumpulkan makanan ditunjukan oleh angka..................
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 3, dan 4
C.
2, 3 dan 4
D.
2, 4, dan 5
E.
3, 4, dan 5
4.
Pada masa berburu dan
mengumpulkan makanan manusia sudah mengembangkan kehidupan social dalam taraf
sderhana. Kehidupan social tersebut ditunjukan dengan adanya................
A.
Ikatan
kelompok yang terdiri atas 10-15 orang
B.
Hunian sementara
disekitar danau atau sungai
C.
Kepala suku yang
dipilih melalui musyawarah
D.
Pembagian kerja dalam
proses pembuatan peralatan
E.
Perkampungan yang
dikelilingi sawah dan tegalan
5.
Pada masa bercocok tanam
pemikiran manusia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan
pemikiran tersebut berupa.............
A.
Kepercayaan adanya kehidupan
setelah mati
B.
Keahlian memburu binatang
berukuran besar
C.
Kemampuan memasak makanan
D.
Kemampun menangkap ikan
E. Keahlian membuat perhiasan
6.
Pada masa bercocok tanam
manusia hidup secara berkelompok dibawah pimpinan seorang kepala suku. Proses
pemilihan kepala suku dilakukan dengan cara............
A. Mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan melalui
musyawarah
B.
Menunjuk tokoh yang berusia
paling tua dalam kelompok
C.
Mengadakan upacara ritual dan
membuat seajen
D.
Meminta petunjuk dari roh nenek
moyang
E.
Melakukan pemilihan secara
langsung
7.
Salah satu periodesasi masa
praaksara adalah masa perundagian. Salah satu karakteristik manusia pada masa
perundagian adalah..........
A.
Cakap bersosialisasi dengan
orang yang seprofesi
B.
Mampu mengembangkan kemampuan
berburu
C.
Mampu beradaptasi dengan
lngkungan baru
D.
Mampu bekerja sesuai
stratifikasi social
E. Terampil membuat peralatan dari logam
8.
Penemuaan kjokkenmoddinger
disejumlah tempat di Indonesia menjadi bukti pengaruh kebudayaan
Bacson-Hoabinh. Penemuan tersebut menunjukan bahwa masyarakat pendukung kebudayaan
Bacson-Hoabinh teah mengenal...........
A. Pola hidup menetap
B.
System kelompok social
C.
Kegiatan bercocok tanam
D.
Cara membuat peralatan besi
E.
Cara membuat rumah bertiang
9.
Perhatikan fungsi-fungsi
berikut!
1.
Menguliti hewan buruan
2.
Menangkap ikan
3.
Mengorek umbi dari tanah
4.
Memotong umbi-umbian
Salah satu hasil budaya Bacson-Hoabinh
adalah kapak tulang. Fungsi kapak tulang ditunjukkan oleh
angka..................
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C. 2 dan 3
D.
3 dan 4
E.
4 dan 5
10.
Perhatikan keterangan berikut!
1.
Berasal dari Vietnam selatan
2.
Berkembang pada masa akhir
kebudayaan logam
3.
Menghasilkan alat-alat dari
perunggu
4.
Berkembang pada masa peralihan
mesolitikum menjadi neolitikum
5.
Diperkenalkan oleh arkeolog
Prancis bernama Medelaine Colani
Keterangan terkait
kebudayaan Sahuynh ditunjukkan oleh angka..............
A. 1, 2, dan 3
B.
1, 3, dan 4
C.
2, 3, dan 4
D.
2, 4, dan 5
E.
3, 4, dan 5
11.
Para ahli menyebutkan nama
Kudungga memiliki kemiripan dengan nama Bugis, yaitu Kudungga. Dari pernyataan
tersebut para ahli menyimpulkan bahwa........
A. Raja Kudungga belum memeluk agama Hindu dan masih
menganut kepercayaaan local
B.
Kerajaan kutai didirikan oleh
pedagang bugis yang berimigrasi ke Kalimantan
C.
Sebagian besar peninggalan
kerajaan Kutai ditemukan diwilayah bugis
D.
Kebudayaan bugis sangat
memengaruhi kehidupan masyarakat kutai
E.
Penyebaran agama hindu di Kutai
dilakukan oleh orang-orang bugis
12.
Masyarakay Kutai telah mengenal
tradisi kebudayaan yang cukup maju. Kemajuan tersebut ditunjukkan
dengan...............
A.
Penghormatan terhadap brahmana
yang telah menghindukan masyarakat Kutai
B.
Sebagian masyarakat Kutai yang
masih menganut kepercayaan masa praaksara
C. Pelaksanaan upacara vratyastoma yang dipimpin
brahmana dari Indonesia
D.
Tradisi masyarakat lokal yang
dipengaruhi oleh budaya bugis
E.
Raja aswawarmanyang sudah memeluk
agama hindu
13.
Purnawarman menjadi raja
Tarumanegara menggantikan raja Dharmayawarman. Langkah pertama yang dilakukan
raja Purnawarman setelah diangkat menjadi raja Tarumanegara
adalah.................
A.
Membagi struktur masyarakat
Tarumanegara menjadi beberapa lapisan
B.
Membangun candi Blandongan
sebagai tempat peribadatan umat hindu
C.
Memperluas wilayah kekuasaan
Tarumanegara hingga keseluruh Pulau Jawa
D. Memindahkan pusat kerajaan Tarumanegara dari
pedalaman kedaerah dekat pantai
E.
Menjalin kerjasama dengan kerajaan
Sriwijaya untuk menyebarkan agama Hindu
14.
Perhatikan keterangan berikut!
1.
Dipelajari melalui enam
prasasti yaitu prasasti kedukan bukit, talang tuo, telaga batu, kota kapur,
ligor dang karang berahi
2.
Seorang penjelajah Tiongkok
bernama I-Tsing pernah berkunjung dikerajaan ini untuk menerjemahkan kitab
budha
3.
Kerajaan ini mencapai masa
keemasan pada pemerintahan Balaputradewa
Keterangan tersebut terkait dengan salah
satu kerajaan hindu-budha di Indonesia. Kerajaan yang dimaksud
adalah..................
A.
Kediri
B.
Kalingga
C.
Singasari
D. Sriwijaya
E.
Majaphit
15.
Bidang kebudayaan cukup
berkembang di Sriwijaya. Salah satu bukti perkembangan kebudayaan di Sriwijaya
berupa..............
A.
Penggunaan batu bata pada
candi-candi peninggalan sriwijaya
B. Penggunaan bahasa melayu dalam aktivitas
perdagangan internasional
C.
Penempatan orang-orang India
dan tiongkok dalam pemerintahan Sriwijaya
D.
Pembangunan kampus bagi pelajar
India yang ingin mempelajari bahasa melayu
E.
Pembangunan taman srikserta
sebagai anugrah dari maharaja Sriwijaya untuk rakyatnya
16.
Aktivitas perdagangan di Perlak
melibatkan para pedagang asing yang beragama islam dan masyarakat asli Perlak.
Interaksi intensif anttarpedagang menyebabkan......
A.
Perlak berkembang menjadi
kerajaan bercorak maritim
B. Ajaran islam dapat diterima dengan baik oleh
masyarakat Perlak
C.
Banyak pemukiman pedagang asing
disekitar pelabuhan Perlak
D.
Perlak menjadi pelabuhan
transito bagi pedagang asing yang akan menuju Maluku
E.
Pedagang asing menjadi
penasihat bagi raja-raja Perlak
17.
Kerajaan Samudra Pasai memiliki
perekonomian cukup maju. Kondisi ini dibuktikan dengan................
A.
Kedudukan Samudra Pasai sebagai
satu-satunya kerajaa yang menyediakan rempah-rempah
B.
Kemampuan pelabuhan Pasai dalam
menampung kedatangan kapal-kapal berukuran besar
C.
Keberadaan perwakilan dengan
kekhalifahan Turki Utsmani di Samudra Pasai
D. Penggunaan mata uang dirham sebagai alat
pembayaran di Samudra Pasai
E.
Kedudukan kerajaan Samudra
Pasai dalam jalur perdagangan internasional
18.
Salah satu peninggalan kerajaan
Samudra Pasai adalah nisan makam Sultan Malik as-Saleh. Nisan tersebut memiliki
kedudukan penting sebagai......
A.
Penanda masa-masa akhir
kerajaan Samudra Pasai
B.
Bukti masyarakat Samudra Pasai
menganut mazhab Syafi’i
C.
Batas wilayah kekuasaan antara
kerajaan Samudra Pasai dan Perlak
D.
Bentuk akulturasi antara budaya
Timur Tengah dan budaya Indonesia
E. Sumber sejarah perkembangan islam di Sumatra
bagian Utara
19.
Ulama memiliki peran penting
pada masa kerajaan Aceh. Salah satu peran ulama dikerajaan Aceh
adalah...........
A.
Menjadi wakil kerajaan Aceh
dalam kerja sama dengan kerajaan di TImur Tengah
B.
Mendirikan berbagai bangunan
sebagai peninggalan budaya kerajaan Aceh
C.
Menengahi perselisihan yang
melibatkan golongan teuku dan tengku
D.
Memberikan saran terkait
kebijaka politik kepada raja Aceh
E. Mengembangkan kesastraan yang berupa kitab-kitab
20.
Perhatikan keterangan berikut!
1.
Membawa kerajaan Mataram menuju
masa kejayaan
2.
Menyerang kedudukan VOC di
Batavia pada 1628 dan 1629
3.
Membagi wilayah kerajaan
Mataram menjadi empat bagian yaitu kutanegara,
Negara agung, mancanegara, dan pasisiran
Keterangan diatas
berkaitan dengan salah satu raja Mataram islam yaitu..............
A.
Ki Ageng pemanahan
B.
Penembahan Senopati
C.
Pangeran Jolang
D. Sultan Agung
E.
Amangkurat I
21.
Dalam system kerajaan
Hindu-Budha, rakyat biasa dapat menjadi raja. Langkah yang harus dilakukan agar
dapat menjadi raja adalah.......
A.
Mempelajari agama Hindhu-Budha
dengan bimbingan brahmana
B.
Mengubah status dari kasta
waisya menjadi kasta kesatria
C.
Menduduki jabatan tinggi dalam
bidang pemerintahan kerajaan
D.
Mencari dukungan dari seluruh lapisan
masyarakat
E. Menciptakan mitos-mitos tertentu tentang dirinya
22.
Menurut tradisi agama hindu,
raja ideal digambarkan dengan sosok dewa Wisnu yang menjaga dunia dari
kerusakan. Selain itu, seorang pemimpin harus berasal dari keturunan pemimpin.
Kondisi tersebut menyebabkan...............
A.
Raja memiliki kekuasaan
melebihi dewa Wisnu
B.
Pemilihan raja harus sesuai
kehendak dewa Wisnu
C.
Seorang raja diwajibkan menjaga
dunia dari ancaman kerusakan
D. Pergantian kekuasaan di kerajaan hindu-budha
berlangsung secara turun-temurun
E.
Legitimasi rakyat diperlukan
seorang raja agar mendapat kepercayaan dari dewa wisnu
23.
Perhatikan beberapa nama sungai
berikut!
1.
Musi
2.
Barito
3.
Mahakam
4.
Bengawan Solo
5.
Kapuas
Sungai-sungai besar yang berperan penting
dalam aktivitas perdagangan dan pelayaran di Indonesia pada masa kerajaan
hindhu-budha ditunjukkan oleh angka............
A.
1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C.
2, 3, dan 4
D.
2, 4, dan 5
E.
3, 4, dan 5
24.
Masa awal perkembangan islam
ditandai dengan beberapa raja local yang memeluk agama islam. Kondisi tersebut
menyebabkan..............
A.
Agama hindhu-budha tidak lagi
diakui sebagai agama resmi kerajaan di Indonesia
B.
Aktivitas perdagangan di
Indonesia yang dilakukan pedagang islam semakin mudah
C.
Banyak pedagang dari Arab,
Persia, dan Gujarat yang melakukan perdagangan di Indonesia
D.
Kekuatan politik islam mulai
menggeser kekuatan politik hindu-budha yang telah mengakar kuat
E. Banyak rakyat kerajaan yang turut memeluk islam
dan penyebaran islam menjadi mudah
25.
Masyarakat pesisir pada masa
kerajaan maritim islam memiliki cirri kehidupan yang khas. Cirri utama
kehidupan masyarakat pesisir di Indonesia pada masa kerajaan maritim islam
adalah..............
A.
Masyarakat hidup secara berkelompok
dalam komunitas besar
B.
Memiliki pemimpin yang mengerti
hokum perdagangan islam
C. Menitikberatkan perekonomian pada kegiatan
perdagangan
D.
Raja/sultan memiliki kekuasaan
mutlak dalam bidang perdagangan
E.
Menganut system stratifikasi
social seperti masyarakat Arab
26. Unsur deklaratif yang belum
terpenuhi oleh Indonesia sebagai negara yang baru merdeka adalah....
F.
Memiliki wilayah
G.
Memiliki rakyat
H.
Memiliki pemimpin
I.
Pemerintah yang
berdaulat
J.
Pengakuan dari
Negara-negara lainnya
27. Pemerintah Indonesia dengan tegas
menginginkan pihak Belanda untuk keluar dan mengakui kemerdekaan Indonesia.
Tapi pihak Belanda tidak memberikan respon positif dan tidak mau mengakui
kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia dengan alasan....
A. Belanda tetap ingin membentuk Negara persemakmuran
Hindia-Belanda di Indonesia
B. Belanda meredam kemerdekaan Indonesia dengan kekerasan
C. Karena Belanda merasa negaranya yang berhak memimpin
D. Belanda merasa negaranya yang memenangkan Perang Dunia
E.
Karena Belanda sendiri
yang mengusir Jepang di Indonesia
28. “ Semua pemimpin bansa Indonesia dari
semua pihak harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pada
tempat yang telah ditentukan dan membawa bendera Merah Putih dan diletakkan
diatas tanah pada jarak seratus meter dari tempat berdiri, lalu mengangkat
tangan tanda menyerah.”
Dari pernyataan diatas adalah sebuah ultimatum yang diberikan oleh
sekutu-Inggris kepada bangsa Indonesia. Ternyata tidak ditaati oleh bangsa
Indonesia sehingga, pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran....
A.
Pertempuran Surabaya
B.
Pertempuran Ambarawa
C.
Pertempuran Medan Area
D.
Bandung Lautan Api
E.
Pertempuran Margarana
29. Konferensi Meja Bundar (KMB) yang
berlangsung di Deen Haag 1949 menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut, kecuali....
A.
RIS diakui sebagai
negara merdeka dan berdaulat
B.
Irian Barat akan
diselesaikan setahun kemudian
C.
Akan di buat UNI
Indonesia Belanda
D.
Belanda harus membayar
hutangnya kepada RIS
E.
RIS akan mengembalikan
hak milik Belanda
30. Pada tanggal 17 agustus 1947 terjadi
genjatan senjata antara Belanda dan Indonesia. Setelah genjatan senjata
dilakukan PBB memprakarsai dibentuknya Komisi Tiga Negara (KTN) yang
beranggotakan negara....
A.
Amerika, Australia,
Mesir
B.
Australia, Amerika,
Belgia
C.
Mesir, India, Amerika
D.
Amerika, Australia,
Pakistan
E.
Australia, India,
Pakistan
31. Organisasi PBB merupakansebuah
organisasi internasional yang secara resmi didirikan pada tanggal....
A.
25 April 1945
B.
25 Juni 1945
C.
24 Oktober 1945
D.
21 April 1947
E.
24 Oktober 1947
32. Tujuan didirikannya organisasi PBB
adalah....
A.
Memelihara perdamaian
dan keamanan Internasional dan mengembangkan hubungan persaudaraan antar
bangsa-bangsa
B.
Untuk menindak lanjuti
dari semua perundingan yang pernah dilakukan Indonesia dengan Belanda
C.
Menjadikan negara Indonesia
yang benar-benar merdeka dan bebas dari penjajahan
D.
Untuk memperoleh
pengakuan kedaulatan dari Belanda
E.
Membela Indonesia
sebagai Negara yang berdiri dan berdaulat
33. Dalam sejarah perjuanganbangsa
Indonesia setelah proklamasi tercatat beberapa Badan Perdamaian yang dibentuk
PBB untuk Indonesia diantaranya adalah....
A.
KAA dan ASEAN
B.
KTN dan UNCI
C.
UNTEA dan ASEAN
D.
KTN dan KAA
E.
KTN dan UNICEF
34. Respon PBB terhadap kemerdekaan
Indonesia diantaranya adalah....
A.
Mengeluarkan resolusi
penghentian konflik
B.
Berperan memberikan
jaminan kemerdekaan
C.
Mengadili penjahat
perang Belanda
D.
Mendukung logistik
pasukan Indonesia
E.
Mendukung logistik
pasukan Belanda
35. Pemerintah Mesir mengakui kedaulatan
Indonesia pada tanggal 10 Juni 1947, oleh H.M Rasjidi sebagai kuasa usaha RI
serta membuka Kedutaan Besar di Kairo secara....
A.
Proteksi
B.
Sosialisasi
C.
Deklaratif
D.
De Facto
E.
De Jure
36. Berikut yang tidak termasuk tujuan
Indonesia mengirimkan bantuan beras kepada India adalah....
A.
Menanggulangi bencana
kelaparan yang sedang terjadi di India
B.
Agar India membantu
Indonesia mengatasi blockade ekonomi yang dilakukan Belanda
C.
Meningkatkan rasa
solidaritas sebagai Negara yang sama-sama berjuang melawan penjajah
D.
Melaksanakan tugas
yang diberikan oleh PBB untuk menyelamatkan India dari bencana kelaparan
E.
Sebagai upaya menarik
simpati pemerintah dan rakyat India agar turut mendukung kemerdekaan Indonesia
37. Latar belakang Australia berbalik
mendukung Indonesia disebabkan oleh ....
A.
Sikap Belanda yang
menolak berunding dengan Indonesia
B.
Desakan partai
oposisi, yakni partai Liberal agar Australia membantu Indonesia
C.
Kegagalan Belanda
mempertahankan Indonesia dari serangan Jepang pada PD II
D.
Desakan persatuan
buruh Australia yang mendukung Indonesia
E.
Kebijakan Inggris dan
Amerika Serikat sebagai negara induk Australia yang mendukung Indonesia
38. Pengakuan dan dukungan Irak atas
kemerdekaan negara Indonesia, dibuktikan dengan langkah awal yaitu ....
A.
Menandatangani
perjanjian damai antarnegara
B.
Memboikot produk
Belanda untuk mendukung Indonesia
C.
Membentuk organisasi
baru yaitu Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
D.
Melakukan transfer
teknologi bersama
E.
Meresmikan hubungan
baru yaitu diplomatik Indonesia-irak
39. Salah satu negara di Timur Tengah
yang memberikan dukungan dan pengakuan secara langsung atas kemerdekaan
Indonesia adalah negara....
A.
Mesir
B.
India
C.
Irak
D.
Vatikan
E.
Palestina
40. Seorang mufti besar Palestina yang
secara terbuka menyampaikan dukungan dan memberikan ucapan selamat atas
kemerdekaan bagi Indonesia adalah ....
A.
Sultan syahrir
B.
Syekh Muhammad Amin
Al-Husaini
C.
Syekh Muhammad Faroug
D.
Muhammad Abdul Mun’im
E.
Bechara El-Khoury
41. Faktor utama yang mendorong
terjadinya globalisasi adalah....
A.
Perkembangan iptek
B.
Ketahanan sosial
C.
Kondisi politik
D.
Kemajuan ekonomi
E.
Ketahanan nasional
42. Perkembangan globalisasitidak
berdampak penuh pada bidang....
A.
Geografi
B.
Ekonomi
C.
Sosial
D.
Agama
E.
Budaya
43. Teknologi berasal dari bahasa Yunani
yaitu tekne yang berarti....
A.
Keahlian
B.
Pekerjaan
C.
Prosedur
D.
Pengetahuan
E.
Metode
44. Ilmu pengetahuan dan teknologi
saling berhubungan, jika tidak ada ilmu pengetahuan, maka teknologi....
A.
Tidak akan tercipta
B.
Berkembang pesat
C.
Semakin maju
D.
Mengalami kemunduran
E.
rusak
45. Pemikiran yang melandasi
pengembangan pesawat ulang alik adalah ....
A.
Keselamatan angkasawan
lebih terjaga
B.
Lebih mudah dikontrol dan
diawasi
C.
Efesiensi energi
D.
Resiko kecelakaan lebih
rendah
E.
Efesiensi biaya
46. Perhatikan informasi berikut
1)
Melakukan transaksi keuangan melalui ATM dan e-banking
2)
Pemanfaatan jaringan komunikasi oleh pembajak
3)
Mengikuti kuliah dengan system kelas online
4)
Melakukan perdagangan illegal dengan memanfaatkan internet
5)
Berpindah dari satu kota ke kota berikutnya hanya dalam hitungan jam
Dampak positif dari revolusi teknologi ditunjukkan oleh nomor ....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 3, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 5
E.
3, 4, dan 5
47. Berikut yang tidak termasuk manfaat
teknologi dalam bidang pendidikan adalah....
A.
Semua orang memiliki
akses untuk memperoleh pendidikan
B.
Kaum nifabel terbantu
dengan adanya sistem braille
C.
Mendapatkan kualitas
pendidikan yang lebih baik
D.
Pelajaran lebih
efesien dengan e-learning
E.
Dana yang dibutuhkan
besar
48. Pengaruh negatif perkembangan
teknologi dalam bidang ekonomi dan industri adalah....
A.
Upaya pemenuhan
keinginan material menjadi lebih mudah
B.
Peasatnya arah
informasi dibidang perdagangan, khususnya perdagangan barang
C.
Perusahaan dapat menghasilkan
barang dalam waktu singkat
D.
Meningkatnya angka
pengangguran karena tenaga kerja digantikan mesin
E.
Munculya kelas
menengah baru
49. Pengaruh negatif perkembangan
teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi adalah....
A.
Arus informasi lebih
cepat menyebar
B.
Penggunaan internet
untuk pendidikan
C.
Upaya peretasan
data-data penting negara oleh oknum yang sulit diidentifikasi
D.
Komunikasi dapat
dilakukan tanpa harus bertatap muka
E.
Penggunaan e-banking
yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus datang ke bank
50. Berkembangnya telefon seluler yang
memiliki kamera, menyebabkan banyak beredarnya gambar/video yang tidak
memungkinkan dikalangan pelajar. Realitas tersebut menunjukkan terjadinya....
A.
Pergaulan bebas
dikalangan pelajar
B.
Fungsi telefon seluler
semakin beragam
C.
Telefon seluler
semakin efektif dan efesien
D.
Adanya akses negatif
dari kemajuan teknologi
E.
Persaingan bisnis
telepon seluler
0 Response to "SOAL UJIAN SEJARAH PEMETAAN KELAS 12 SMA"
Post a Comment