Advertise Here

SOAL UJIAN SEJARAH PEMETAAN KELAS 12 SMA

 



1.      Meganthropus palaeojavanicus merupakan jenis manusia purba yang di temukan di Indonesia. Manusia purba jenis tersebut juga disebut sebagai Homo habilis karena…….....

A.    Memakan tumbuh-tumbuhan

B.     Memiliki volume otak yang kecil

C.     Menyerupai manusia dan primata

D.    Menderita penyakit microcephalia

E.     Memiliki alat pengunyah seperti kera

 

2.      Menurut Eugene Dubois, homo erectus merupakan makhluk yang hidup pada masa transisikera menjadi manusia. Cirri fisik yang menjadi dasar hipotesis tersebut adalah.......

A.    Volume otaknya diatas kera dan dibawah manusia

B.     Jumlah gigi geraham yang sama dengan manusia

C.     Berbdan tegap dan mampu berjalan tegak

D.    Volume otak yang sama dengan kera

E.     Alat pengunyah kuat seperti kera

 

3.      Perhatikan keterangan berikut!

1.      Menerapkan pola hidup berpindah-pindah

2.      Mengembangkan kepercayaan animism dan dinamisme

3.      Menciptakan peralatan untuk menangkap binatang buruan

4.      Melakukan kegiatan berburu untuk memenuhi kebutuhan makanan

5.      Membuat berbagai kerajinan dengan memanfaatkan bahan dari alam

Corak kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan ditunjukan oleh angka..................

A.    1, 2, dan 3

B.     1, 3, dan 4

C.     2, 3 dan 4

D.    2, 4, dan 5

E.     3, 4, dan 5

 

4.      Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan manusia sudah mengembangkan kehidupan social dalam taraf sderhana. Kehidupan social tersebut ditunjukan dengan adanya................

A.    Ikatan kelompok yang terdiri atas 10-15 orang

B.     Hunian sementara disekitar danau atau sungai

C.     Kepala suku yang dipilih melalui musyawarah

D.    Pembagian kerja dalam proses pembuatan peralatan

E.     Perkampungan yang dikelilingi sawah dan tegalan

5.      Pada masa bercocok tanam pemikiran manusia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan pemikiran tersebut berupa.............

A.    Kepercayaan adanya kehidupan setelah mati

B.     Keahlian memburu binatang berukuran besar

C.     Kemampuan memasak makanan

D.    Kemampun menangkap ikan

E.     Keahlian membuat perhiasan

6.      Pada masa bercocok tanam manusia hidup secara berkelompok dibawah pimpinan seorang kepala suku. Proses pemilihan kepala suku dilakukan dengan cara............

A.    Mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan melalui musyawarah

B.     Menunjuk tokoh yang berusia paling tua dalam kelompok

C.     Mengadakan upacara ritual dan membuat seajen

D.    Meminta petunjuk dari roh nenek moyang

E.     Melakukan pemilihan secara langsung

 

7.      Salah satu periodesasi masa praaksara adalah masa perundagian. Salah satu karakteristik manusia pada masa perundagian adalah..........

A.    Cakap bersosialisasi dengan orang yang seprofesi

B.     Mampu mengembangkan kemampuan berburu

C.     Mampu beradaptasi dengan lngkungan baru

D.    Mampu bekerja sesuai stratifikasi social

E.     Terampil membuat peralatan dari logam

 

8.      Penemuaan kjokkenmoddinger disejumlah tempat di Indonesia menjadi bukti pengaruh kebudayaan Bacson-Hoabinh. Penemuan tersebut menunjukan bahwa masyarakat pendukung kebudayaan Bacson-Hoabinh teah mengenal...........

A.    Pola hidup menetap

B.     System kelompok social

C.     Kegiatan bercocok tanam

D.    Cara membuat peralatan besi

E.     Cara membuat rumah bertiang

 

9.      Perhatikan fungsi-fungsi berikut!

1.      Menguliti hewan buruan

2.      Menangkap ikan

3.      Mengorek umbi dari tanah

4.      Memotong umbi-umbian

Salah satu hasil budaya Bacson-Hoabinh adalah kapak tulang. Fungsi kapak tulang ditunjukkan oleh angka..................

A.    1 dan 2

B.     1 dan 3

C.     2 dan 3

D.    3 dan 4

E.     4 dan 5

 

10.  Perhatikan keterangan berikut!

1.      Berasal dari Vietnam selatan

2.      Berkembang pada masa akhir kebudayaan logam

3.      Menghasilkan alat-alat dari perunggu

4.      Berkembang pada masa peralihan mesolitikum menjadi neolitikum

5.      Diperkenalkan oleh arkeolog Prancis bernama Medelaine Colani

Keterangan terkait kebudayaan Sahuynh ditunjukkan oleh angka..............

A.    1, 2, dan 3

B.     1, 3, dan 4

C.     2, 3, dan 4

D.    2, 4, dan 5

E.     3, 4, dan 5

 

11.  Para ahli menyebutkan nama Kudungga memiliki kemiripan dengan nama Bugis, yaitu Kudungga. Dari pernyataan tersebut para ahli menyimpulkan bahwa........

A.    Raja Kudungga belum memeluk agama Hindu dan masih menganut kepercayaaan local

B.     Kerajaan kutai didirikan oleh pedagang bugis yang berimigrasi ke Kalimantan

C.     Sebagian besar peninggalan kerajaan Kutai ditemukan diwilayah bugis

D.    Kebudayaan bugis sangat memengaruhi kehidupan masyarakat kutai

E.     Penyebaran agama hindu di Kutai dilakukan oleh orang-orang bugis

 

12.  Masyarakay Kutai telah mengenal tradisi kebudayaan yang cukup maju. Kemajuan tersebut ditunjukkan dengan...............

A.    Penghormatan terhadap brahmana yang telah menghindukan masyarakat Kutai

B.     Sebagian masyarakat Kutai yang masih menganut kepercayaan masa praaksara

C.     Pelaksanaan upacara vratyastoma yang dipimpin brahmana dari Indonesia

D.    Tradisi masyarakat lokal yang dipengaruhi oleh budaya bugis

E.     Raja aswawarmanyang sudah memeluk agama hindu

 

13.  Purnawarman menjadi raja Tarumanegara menggantikan raja Dharmayawarman. Langkah pertama yang dilakukan raja Purnawarman setelah diangkat menjadi raja Tarumanegara adalah.................

A.    Membagi struktur masyarakat Tarumanegara menjadi beberapa lapisan

B.     Membangun candi Blandongan sebagai tempat peribadatan umat hindu

C.     Memperluas wilayah kekuasaan Tarumanegara hingga keseluruh Pulau Jawa

D.    Memindahkan pusat kerajaan Tarumanegara dari pedalaman kedaerah dekat pantai

E.     Menjalin kerjasama dengan kerajaan Sriwijaya untuk menyebarkan agama Hindu

 

14.  Perhatikan keterangan berikut!

1.      Dipelajari melalui enam prasasti yaitu prasasti kedukan bukit, talang tuo, telaga batu, kota kapur, ligor dang karang berahi

2.      Seorang penjelajah Tiongkok bernama I-Tsing pernah berkunjung dikerajaan ini untuk menerjemahkan kitab budha

3.      Kerajaan ini mencapai masa keemasan pada pemerintahan Balaputradewa

Keterangan tersebut terkait dengan salah satu kerajaan hindu-budha di Indonesia. Kerajaan yang dimaksud adalah..................

A.    Kediri

B.     Kalingga

C.     Singasari

D.    Sriwijaya

E.     Majaphit

 

15.  Bidang kebudayaan cukup berkembang di Sriwijaya. Salah satu bukti perkembangan kebudayaan di Sriwijaya berupa..............

A.    Penggunaan batu bata pada candi-candi peninggalan sriwijaya

B.     Penggunaan bahasa melayu dalam aktivitas perdagangan internasional

C.     Penempatan orang-orang India dan tiongkok dalam pemerintahan Sriwijaya

D.    Pembangunan kampus bagi pelajar India yang ingin mempelajari bahasa melayu

E.     Pembangunan taman srikserta sebagai anugrah dari maharaja Sriwijaya untuk rakyatnya

 

16.  Aktivitas perdagangan di Perlak melibatkan para pedagang asing yang beragama islam dan masyarakat asli Perlak. Interaksi intensif anttarpedagang menyebabkan......

A.    Perlak berkembang menjadi kerajaan bercorak maritim

B.     Ajaran islam dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Perlak

C.     Banyak pemukiman pedagang asing disekitar pelabuhan Perlak

D.    Perlak menjadi pelabuhan transito bagi pedagang asing yang akan menuju Maluku

E.     Pedagang asing menjadi penasihat bagi raja-raja Perlak

 

17.  Kerajaan Samudra Pasai memiliki perekonomian cukup maju. Kondisi ini dibuktikan dengan................

A.    Kedudukan Samudra Pasai sebagai satu-satunya kerajaa yang menyediakan rempah-rempah

B.     Kemampuan pelabuhan Pasai dalam menampung kedatangan kapal-kapal berukuran besar

C.     Keberadaan perwakilan dengan kekhalifahan Turki Utsmani di Samudra Pasai

D.    Penggunaan mata uang dirham sebagai alat pembayaran di Samudra Pasai

E.     Kedudukan kerajaan Samudra Pasai dalam jalur perdagangan internasional

 

18.  Salah satu peninggalan kerajaan Samudra Pasai adalah nisan makam Sultan Malik as-Saleh. Nisan tersebut memiliki kedudukan penting sebagai......

A.    Penanda masa-masa akhir kerajaan Samudra Pasai

B.     Bukti masyarakat Samudra Pasai menganut mazhab Syafi’i

C.     Batas wilayah kekuasaan antara kerajaan Samudra Pasai dan Perlak

D.    Bentuk akulturasi antara budaya Timur Tengah dan budaya Indonesia

E.     Sumber sejarah perkembangan islam di Sumatra bagian Utara

 

19.  Ulama memiliki peran penting pada masa kerajaan Aceh. Salah satu peran ulama dikerajaan Aceh adalah...........

A.    Menjadi wakil kerajaan Aceh dalam kerja sama dengan kerajaan di TImur Tengah

B.     Mendirikan berbagai bangunan sebagai peninggalan budaya kerajaan Aceh

C.     Menengahi perselisihan yang melibatkan golongan teuku dan tengku

D.    Memberikan saran terkait kebijaka politik kepada raja Aceh

E.     Mengembangkan kesastraan yang berupa kitab-kitab

 

20.  Perhatikan keterangan berikut!

1.      Membawa kerajaan Mataram menuju masa kejayaan

2.      Menyerang kedudukan VOC di Batavia pada 1628 dan 1629

3.      Membagi wilayah kerajaan Mataram menjadi empat bagian yaitu kutanegara, Negara agung, mancanegara, dan pasisiran

Keterangan diatas berkaitan dengan salah satu raja Mataram islam yaitu..............

A.    Ki Ageng pemanahan

B.     Penembahan Senopati

C.     Pangeran Jolang

D.    Sultan Agung

E.     Amangkurat I

 

21.  Dalam system kerajaan Hindu-Budha, rakyat biasa dapat menjadi raja. Langkah yang harus dilakukan agar dapat menjadi raja adalah.......

A.    Mempelajari agama Hindhu-Budha dengan bimbingan brahmana

B.     Mengubah status dari kasta waisya menjadi kasta kesatria

C.     Menduduki jabatan tinggi dalam bidang pemerintahan kerajaan

D.     Mencari dukungan dari seluruh lapisan masyarakat

E.     Menciptakan mitos-mitos tertentu tentang dirinya

 

22.  Menurut tradisi agama hindu, raja ideal digambarkan dengan sosok dewa Wisnu yang menjaga dunia dari kerusakan. Selain itu, seorang pemimpin harus berasal dari keturunan pemimpin. Kondisi tersebut menyebabkan...............

A.    Raja memiliki kekuasaan melebihi dewa Wisnu

B.     Pemilihan raja harus sesuai kehendak dewa Wisnu

C.     Seorang raja diwajibkan menjaga dunia dari ancaman kerusakan

D.    Pergantian kekuasaan di kerajaan hindu-budha berlangsung secara turun-temurun

E.     Legitimasi rakyat diperlukan seorang raja agar mendapat kepercayaan dari dewa wisnu

 

23.  Perhatikan beberapa nama sungai berikut!

1.      Musi

2.      Barito

3.      Mahakam

4.      Bengawan Solo

5.      Kapuas

Sungai-sungai besar yang berperan penting dalam aktivitas perdagangan dan pelayaran di Indonesia pada masa kerajaan hindhu-budha ditunjukkan oleh angka............

A.    1, 2, dan 3

B.     1, 3, dan 4

C.     2, 3, dan 4

D.    2, 4, dan 5

E.     3, 4, dan 5

 

24.  Masa awal perkembangan islam ditandai dengan beberapa raja local yang memeluk agama islam. Kondisi tersebut menyebabkan..............

A.    Agama hindhu-budha tidak lagi diakui sebagai agama resmi kerajaan di Indonesia

B.     Aktivitas perdagangan di Indonesia yang dilakukan pedagang islam semakin mudah

C.     Banyak pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat yang melakukan perdagangan di Indonesia

D.    Kekuatan politik islam mulai menggeser kekuatan politik hindu-budha yang telah mengakar kuat

E.     Banyak rakyat kerajaan yang turut memeluk islam dan penyebaran islam menjadi mudah

 

25.  Masyarakat pesisir pada masa kerajaan maritim islam memiliki cirri kehidupan yang khas. Cirri utama kehidupan masyarakat pesisir di Indonesia pada masa kerajaan maritim islam adalah..............

A.    Masyarakat hidup secara berkelompok dalam komunitas besar

B.     Memiliki pemimpin yang mengerti hokum perdagangan islam

C.     Menitikberatkan perekonomian pada kegiatan perdagangan

D.    Raja/sultan memiliki kekuasaan mutlak dalam bidang perdagangan

E.     Menganut system stratifikasi social seperti masyarakat Arab

 

26.  Unsur deklaratif yang belum terpenuhi oleh Indonesia sebagai negara yang baru merdeka adalah....

F.      Memiliki wilayah

G.    Memiliki rakyat

H.    Memiliki pemimpin

I.       Pemerintah yang berdaulat

J.       Pengakuan dari Negara-negara lainnya

27.  Pemerintah Indonesia dengan tegas menginginkan pihak Belanda untuk keluar dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Tapi pihak Belanda tidak memberikan respon positif dan tidak mau mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia dengan alasan....

A.  Belanda tetap ingin membentuk Negara persemakmuran Hindia-Belanda di Indonesia

B.  Belanda meredam kemerdekaan Indonesia dengan kekerasan

C.  Karena Belanda merasa negaranya yang berhak memimpin

D.  Belanda merasa negaranya yang memenangkan Perang Dunia

E.   Karena Belanda sendiri yang mengusir Jepang di Indonesia

28.  “ Semua pemimpin bansa Indonesia dari semua pihak harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pada tempat yang telah ditentukan dan membawa bendera Merah Putih dan diletakkan diatas tanah pada jarak seratus meter dari tempat berdiri, lalu mengangkat tangan tanda menyerah.”

Dari pernyataan diatas adalah sebuah ultimatum yang diberikan oleh sekutu-Inggris kepada bangsa Indonesia. Ternyata tidak ditaati oleh bangsa Indonesia sehingga, pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran....

A.    Pertempuran Surabaya

B.     Pertempuran Ambarawa

C.     Pertempuran Medan Area

D.    Bandung Lautan Api

E.     Pertempuran Margarana

29.  Konferensi Meja Bundar (KMB) yang berlangsung di Deen Haag 1949 menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut, kecuali....

A.    RIS diakui sebagai negara merdeka dan berdaulat

B.     Irian Barat akan diselesaikan setahun kemudian

C.     Akan di buat UNI Indonesia Belanda

D.    Belanda harus membayar hutangnya kepada RIS

E.     RIS akan mengembalikan hak milik Belanda

30.  Pada tanggal 17 agustus 1947 terjadi genjatan senjata antara Belanda dan Indonesia. Setelah genjatan senjata dilakukan PBB memprakarsai dibentuknya Komisi Tiga Negara (KTN) yang beranggotakan negara....

A.    Amerika, Australia, Mesir

B.     Australia, Amerika, Belgia

C.     Mesir, India, Amerika

D.    Amerika, Australia, Pakistan

E.     Australia, India, Pakistan

31.  Organisasi PBB merupakansebuah organisasi internasional yang secara resmi didirikan pada tanggal....

A.    25 April 1945

B.     25 Juni 1945

C.     24 Oktober 1945

D.    21 April 1947

E.     24 Oktober 1947

32.  Tujuan didirikannya organisasi PBB adalah....

A.    Memelihara perdamaian dan keamanan Internasional dan mengembangkan hubungan persaudaraan antar bangsa-bangsa

B.     Untuk menindak lanjuti dari semua perundingan yang pernah dilakukan Indonesia dengan Belanda

C.     Menjadikan negara Indonesia yang benar-benar merdeka dan bebas dari penjajahan

D.    Untuk memperoleh pengakuan kedaulatan dari Belanda

E.     Membela Indonesia sebagai Negara yang berdiri dan berdaulat

33.  Dalam sejarah perjuanganbangsa Indonesia setelah proklamasi tercatat beberapa Badan Perdamaian yang dibentuk PBB untuk Indonesia diantaranya adalah....

A.    KAA dan ASEAN

B.     KTN dan UNCI

C.     UNTEA dan ASEAN

D.    KTN dan KAA

E.     KTN dan UNICEF

 

34.  Respon PBB terhadap kemerdekaan Indonesia diantaranya adalah....

A.    Mengeluarkan resolusi penghentian konflik

B.     Berperan memberikan jaminan kemerdekaan

C.     Mengadili penjahat perang Belanda

D.    Mendukung logistik pasukan Indonesia

E.     Mendukung logistik pasukan Belanda

35.  Pemerintah Mesir mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 10 Juni 1947, oleh H.M Rasjidi sebagai kuasa usaha RI serta membuka Kedutaan Besar di Kairo secara....

A.    Proteksi

B.     Sosialisasi

C.     Deklaratif

D.    De Facto

E.     De Jure

36.  Berikut yang tidak termasuk tujuan Indonesia mengirimkan bantuan beras kepada India adalah....

A.    Menanggulangi bencana kelaparan yang sedang terjadi di India

B.     Agar India membantu Indonesia mengatasi blockade ekonomi yang dilakukan Belanda

C.     Meningkatkan rasa solidaritas sebagai Negara yang sama-sama berjuang melawan penjajah

D.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh PBB untuk menyelamatkan India dari bencana kelaparan

E.     Sebagai upaya menarik simpati pemerintah dan rakyat India agar turut mendukung kemerdekaan Indonesia

37.  Latar belakang Australia berbalik mendukung Indonesia disebabkan oleh ....

A.    Sikap Belanda yang menolak berunding dengan Indonesia

B.     Desakan partai oposisi, yakni partai Liberal agar Australia membantu Indonesia

C.     Kegagalan Belanda mempertahankan Indonesia dari serangan Jepang pada PD II

D.    Desakan persatuan buruh Australia yang mendukung Indonesia

E.     Kebijakan Inggris dan Amerika Serikat sebagai negara induk Australia yang mendukung Indonesia

38.  Pengakuan dan dukungan Irak atas kemerdekaan negara Indonesia, dibuktikan dengan langkah awal yaitu ....

A.    Menandatangani perjanjian damai antarnegara

B.     Memboikot produk Belanda untuk mendukung Indonesia

C.     Membentuk organisasi baru yaitu Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

D.    Melakukan transfer teknologi bersama

E.     Meresmikan hubungan baru yaitu diplomatik Indonesia-irak

39.  Salah satu negara di Timur Tengah yang memberikan dukungan dan pengakuan secara langsung atas kemerdekaan Indonesia adalah negara....

A.    Mesir

B.     India

C.     Irak

D.    Vatikan

E.     Palestina

40.  Seorang mufti besar Palestina yang secara terbuka menyampaikan dukungan dan memberikan ucapan selamat atas kemerdekaan bagi Indonesia adalah  ....

A.    Sultan syahrir

B.     Syekh Muhammad Amin Al-Husaini

C.     Syekh Muhammad Faroug

D.    Muhammad Abdul Mun’im

E.     Bechara El-Khoury

41.  Faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi adalah....

A.    Perkembangan iptek

B.     Ketahanan sosial

C.     Kondisi politik

D.    Kemajuan ekonomi

E.     Ketahanan nasional

42.  Perkembangan globalisasitidak berdampak penuh pada bidang....

A.    Geografi

B.     Ekonomi

C.     Sosial

D.    Agama

E.     Budaya

43.  Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu tekne yang berarti....

A.    Keahlian

B.     Pekerjaan

C.     Prosedur

D.    Pengetahuan

E.     Metode

44.  Ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan, jika tidak ada ilmu pengetahuan, maka teknologi....

A.    Tidak akan tercipta

B.     Berkembang pesat

C.     Semakin maju

D.    Mengalami kemunduran

E.     rusak

45.  Pemikiran yang melandasi pengembangan pesawat ulang alik adalah ....

A.    Keselamatan angkasawan lebih terjaga

B.     Lebih mudah dikontrol dan diawasi

C.     Efesiensi energi

D.    Resiko kecelakaan lebih rendah

E.     Efesiensi biaya

46.  Perhatikan informasi berikut

1) Melakukan transaksi keuangan melalui ATM dan e-banking

2) Pemanfaatan jaringan komunikasi oleh pembajak

3) Mengikuti kuliah dengan system kelas online

4) Melakukan perdagangan illegal dengan memanfaatkan internet

5) Berpindah dari satu kota ke kota berikutnya hanya dalam hitungan jam

Dampak positif dari revolusi teknologi ditunjukkan oleh nomor ....

A.    1, 2, dan 3

B.     1, 3, dan 5

C.     2, 3, dan 4

D.    2, 3, dan 5

E.     3, 4, dan 5

47.  Berikut yang tidak termasuk manfaat teknologi dalam bidang pendidikan adalah....

A.    Semua orang memiliki akses untuk memperoleh pendidikan

B.     Kaum nifabel terbantu dengan adanya sistem braille

C.     Mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik

D.    Pelajaran lebih efesien dengan e-learning

E.     Dana yang dibutuhkan besar

48.  Pengaruh negatif perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi dan industri adalah....

A.    Upaya pemenuhan keinginan material menjadi lebih mudah

B.     Peasatnya arah informasi dibidang perdagangan, khususnya perdagangan barang

C.     Perusahaan dapat menghasilkan barang dalam waktu singkat

D.    Meningkatnya angka pengangguran karena tenaga kerja digantikan mesin

E.     Munculya kelas menengah baru

49.  Pengaruh negatif perkembangan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi adalah....

A.    Arus informasi lebih cepat menyebar

B.     Penggunaan internet untuk pendidikan

C.     Upaya peretasan data-data penting negara oleh oknum yang sulit diidentifikasi

D.    Komunikasi dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka

E.     Penggunaan e-banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus datang ke bank

50.  Berkembangnya telefon seluler yang memiliki kamera, menyebabkan banyak beredarnya gambar/video yang tidak memungkinkan dikalangan pelajar. Realitas tersebut menunjukkan terjadinya....

A.    Pergaulan bebas dikalangan pelajar

B.     Fungsi telefon seluler semakin beragam

C.     Telefon seluler semakin efektif dan efesien

D.    Adanya akses negatif dari kemajuan teknologi

E.     Persaingan bisnis telepon seluler

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOAL UJIAN SEJARAH PEMETAAN KELAS 12 SMA"

Post a Comment