Advertise Here

KONSEP DASAR PENDIDIKAN INKLUSIF


 Inklusif adalah filosofi tentang cara hidup dengan perbedaan, belajar dari perbedaan dan belajar dengan perbedaan (Didi Tarsidi).

Inklusif merupakan filosofi pendidikan, bukan istilah kebijakan atau legislasi dalam pendidikan (Juang Sunanto).

Ada empat elemen Inklusif, yaitu:

  • Inklusi adalah proses terus mencari cara terbaik dalam merespon keberagaman
  • Melibatkan penekanan khusuS pada kelompok peserta didik yang mungkin berada di risiko terpinggirkan, exclusion, atau kurang berprestasi karena hambatan yang dimilikinya
  • Mengidentifikasi hambatan dan untuk menghilangkan hambatan itu
  • Inklusi adalah tentang kehadiran, partisipasi dan prestasi semua siswa
    Pengertian
    Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dengan memberikan kesempatan atau akses yang seluas-luasnya kepada semua anak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik tanpa diskriminasi

  • Tujuan

    Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua anak untuk memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan kondisi anak Menciptakan sistem pendidikan yang menghargai keanekaragaman, tidak diskriminatif, serta pembelajaran yang ramah terhadap semua anak.
  • Selengkapnya: https://drive.google.com/file/d/1cT78JD8x_gtswzgHBavesDIooYD8SZUi/view?usp=sharing
  • Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "KONSEP DASAR PENDIDIKAN INKLUSIF"

    Post a Comment